-->

Hindari Memasak Dua Bahan Makanan ini di Panci Alumunium Karena Bisa Jadi Beracun

JEJAKJURNALIS.COM - Panci adalah alat masak yang terbuat dari logam (alumunium, baja, dll) dan berbentuk silinder atau mengecil pada bagian bawahnya.

Panci bisa memiliki gagang tunggal atau dua "telinga" pada kedua sisinya, gagang atau telinga ini difungsikan sebagai pegangan untuk membawa ataupun mengangkat panci dan biasanya digunakan untuk memasak air, sayur berkuah, dll.

Ukuran panci biasanya dinyatakan dengan volumenya (biasanya antara 1-8 liter). Panci ini juga belum dikembalikan oleh mantan menteri.

Menurut salah seorang pakar kuliner, Hilary Meyer memasak dengan menggunakan panci alumunium dirasa kurang cocok.

Padahal panci alumunium banyak digunakan masyarakat Indonesia karena dianggap mampu mengantarkan panas dengan baik.

Memasak atau menyimpan makanan asam di dalam panci yang reaktif seperti aluminium atau besi cor, bisa meluruhkan kandungan metal dan mengurangi warna dan cita rasa makanannya.

Panci yang non reaktif, seperti stainless-steel, kaca, atau yang dilapis enamel, lebih baik digunakan saat memasak makanan asam seperti tomat.

Selain itu, bahan aluminium dipilih karena mudah dicuci dengan tidak mudah menyerap minyak. Jika ingin memasak dengan panci atau tempat berbahan aluminium, ikuti tips di bawah ini.

1. Hindari memasak makanan asam pada wadah aluminium

Tidak jarang hasil masakan akan terasa getir atau pahit, padahal tidak ada bahan yang gosong. Semua bahan yang digunakan pun tidak ada yang mengandung unsur pahit.

Jika sampai menemukan rasa pahit pada makanan, bisa jadi masalahnya muncul karena kamu memasak bahan asam di dalam wadah berbahan aluminium.

Asam bisa melarutkan bahan aluminium ke dalam masakan. Hal inilah yang membuat masakan jadi terasa getir atau pahit. Lebih parahnya, aluminium ini bisa masuk ke dalam tubuh.

Dalam jangka panjang, aluminium yang tertimbun di dalam tubuh bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti menurunnya fungsi ginjal.

Selain itu hindari jeruk nipis, cuka, tomat, asam jawa, dan bahan asam lainnya saat memasak dengan wadah aluminium.

Jangan juga menggunakan bahan aluminium saat membuat sayur asam, asinan, garang asam, dan segala masakan bercita asam lainnya.

2. Hindari memasak telur

Ternyata bukan bahan asam saja yang tidak cocok dimasak dengan bahan aluminium. Telur juga jadi bahan makanan lain yang tidak boleh diolah dengan bahan aluminium.

Hal ini disebabkan aluminium bisa terurai dan akhirnya masuk ke dalam makanan. Hasil masakan pun bisa jadi pahit dan parahnya bisa bersifat racun bagi tubuh.

Usahakan tidak menggunakan bahan aluminium saat mengocok atau menggoreng telur. Gunakan wadah atau wajan lain yang lebih aman seperti wajan anti lengket.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa bagikan link ini, agar di baca banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel