-->

Cara Merawat Keladi Hias dan Daftar Harga Keladi Hias

Keladi Hias
JEJAKJURNALIS.COM - Keladi merupakan sekelompok tumbuhan dari genus Caladium (suku talas-talasan, Araceae). Dalam bahasa sehari-hari keladi kerap juga dipakai untuk menyebut beberapa tumbuhan lain yang masih sekerabat namun tidak termasuk Caladium, seperti talas (Colocasia). Keladi sejati jarang membentuk umbi yang membesar. Asal tumbuhan ini dari hutan Brazil namun sekarang tersebar ke berbagai penjuru dunia.

Penciri yang paling khas dari keladi adalah bentuk daunnya yang seperti simbol hati/jantung. Daunnya biasanya licin dan mengandung lapisan lilin. Ukuran keladi tidak pernah lebih daripada 1m. Beberapa jenis dan hibridanya dipakai sebagai tanaman hias pekarangan.

Semua bagian keladi beracun dan tidak boleh dikonsumsi.

Walaupun demikian, penggunaannya sebagai tanaman hias cukup luas. Tumbuhan ini sudah ditangkarkan dan dimuliakan sejak akhir abad ke-18 di Eropa. Terutama C. bicolor telah mengalami banyak perubahan sifat menjadi berdaun warna-warni. Terdapat pula kultivar yang katai. Paling tidak terdapat 120 kultivar C. bicolor. Terdapat pula persilangan antarspesies dengan C. burgkii untuk mendapatkan helai daun yang bergelombang.

Keladi dapat memunculkan anakan dan dari sini dapat dikembangkan tumbuhan baru. Ia juga dapat tumbuh dari kormus yang terdapat di tanah.

Bunga keladi atau caladium merupakan jenis tanaman eksotis karena memiliki kecantikan yang luar biasa. Kecantikan bunga diperoleh dari warna dan ragam corak yang dihasilkan. Tanaman hias daun ini masih satu rumpun dengan aglaonema atau sri rejeki. Sama-sama memilki keindahan dari warna dan motif daunnya, keduanya menjadi populer dan banyak diburu oleh pecinta tanaman.

Keladi atau caladium merupakan jenis tanaman hias musisam, yakni jenis tanaman yang pada musim tertentu tidak menampakkan kecantikannya. Pada musin panas setelah berumur tujuh hingga delapan bulan pada masa hidupnya, tanaman ini akan menggugurkan daunnya dengan cara membusuk secara perlahan.

Proses ini disebut fase dormasi, dimana daun akan hilang dan membusuk kemudian akan tumbuh kembali karena umbinya masih menyimpan air dan tetap hidup. Cara merawat caladium sebenarnya tidak terlalu sulit, sehingga banyak yang memilih jenis tanaman hias ini untuk dijadikan penghias rumah. Anda hanya perlu merawatnya secara teratur setiap harinya.

Untuk mendapatkan bunga keladi yang subur dan kinclong, anda dapat melakukan perawatan sebagai berikut :
  1. Anda perlu meletakkan bunga keladi pada tempat yang sesuai. Ada beberapa jenis bunga keladi yang menyukai sinar matahari langsung, namun ada beberapa jenis bunga keladi yang tidak boleh terkena matahari langsung.
  2. Lakukan penyiraman secara teratur dengan air secukupnya pada pagi atau sore hari.
  3. Saat tanaman bunga keladi berumur 0-1 tahun, berikan pupuk dengan takaran 20ml pupuk jenis organik cair spesialis tanaman hias yang dicampurkan dengan air siraman tanaman. Proses ini perlu anda ulangi pengaplikasiannya satiap  satu minggu sekali.
  4. Saat tanaman berumur tiga bulan, enam bulan, atau Sembilan bulan berikan tambahan pupuk untuk memperkaya unsur hara pada media tanam secara lebih maksimal. Caranya adalah dengan menabur 100 gr pupuk bio organic secara merata ke media tanam. Setelah itu, siramkan campuran 10ml pupuk cair khusus tanaman hias dengan air siraman secara merata ke media tanam. Selanjutnya siramkan campuran 20ml pupuk organik spesialis tanaman hias yang dapat anda beli di toko pertanian dengan air siraman secara merata ke media tanam.
  5. Proses membuang daun yang kering atau terlalu tua dengan hati-hati, agar tanaman tampak lebih indah dan terhindar dari serangan penyakit akibat kelembaban tinggi.
  6. jika bunga keladi sudah menunjukkan adanya anakan, maka Anda bisa memindahkan anakan tersebut ke pot lain. Hal ini merupakan cara untuk memperbanyak bunga keladi.
Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan di rumah untuk membudidayakan tanaman hias bunga keladi atau caladium secara organik.

Daftar Harga Keladi Hias

Harga bunga keladi masih menjadi hal utama yang sering ditanyakan oleh para kolektor tanaman hias. Tentu saja, hal ini dikarenakan keladi hias masih menjadi salah satu primadona bagi para pecinta tanaman hias. Ada begitu banyak jenis keladi hias yang tentu saja menjadikan Anda ingin mengoleksi banyak jenisnya kan ? Tapi, bingung mau beli bibit keladi hias beraneka ragam dimana ?
Keladi Hias
Bagaimana dengan harganya ? Nah, agar tidak penasaran, mari simak penjelasan tentang daftar harga keladi hias berikut ini:

Jenis Bunga Keladi
  1. Bunga Keladi Merah = Rp.90.000 – Rp.250.000
  2. Bunga Keladi Tengkorak Hijau = Rp.50.000 – Rp.70.000
  3. Bunga Keladi Tengkorak Hitam = Rp.80.000 – Rp.150.000
  4. Bunga Keladi Hitam = Rp.50.000 – Rp.80.000
  5. Bunga Keladi Bicolor = Rp. 30.000 – Rp.70.000
  6. Bunga Keladi Amazon = Rp.60.000 – Rp.100.000
1. Harga Bunga Keladi Merah

Harga bunga keladi red star atau keladi merah cukup bervariasi di pasaran. Ini berkaitan dengan besar/umur tanaman, beserta lokasi penjualan. Meski begitu, harga keladi merah umum dibandrol dengan kisaran antara Rp.90.000-250.000. Pada tanaman yang masih kecil atau berupa bibit, umumnya harga bunga keladi red star ini adalah Rp.90.000.

Pada masa ini, bunga keladi merah/red star belum tampak begitu indah, dan masih rawan stress ketika dikirim atau dipindah tanam. Harga bunga keladi merah ini terbilang cukup mahal dibandingkan dengan jenis bunga keladi lainnya. Sebab, bunga keladi merah ini memiliki tampilan yang indah dan elegant.

2. Harga Bunga Keladi Tengkorak

Harga bunga keladi tengkorak cukup bervariasi, tergantung dengan jenis dan umur/usia tanaman. Pada jenis keladi tengkorak hijau dewasa, umumnya dijual dengan harga sekitar Rp.50.000-70.000. Cukup berbeda dengan harga keladi tengkorak hitam, yang bisa dijual dengan harga lebih tinggi, yaitu Rp. 80.000-150.000. Harga ini bergantung dengan tempat penjualan, motif, kondisi tanaman dan besarnya ukuran tanaman.  

3. Harga Bunga Keladi Hitam

Bunga keladi hitam atau biasa disebut keladi black jack (Lasia spinosa) adalah salah satu jenis  bunga keladi yang memiliki ukuran cukup tinggi. Tingginya bunga keladi hitam ini bisa mencapai hingga 1.5-2 meter. Hampir sama dengan bunga keladi tengkorak hijau, harga tanaman keladi hitam ini berkisar antara Rp.50.000-80.000. Umumnya, semakin besar tanaman keladi hitam, maka harganya juga bisa semakin mahal.

4. Harga Bunga Keladi Bicolor

Bunga keladi bicolor adalah salah satu jenis tanaman keladi yang paling banyak dijumpai. Selain itu, jenis bunga keladi ini juga cukup mudah dibudidayakan. Oleh sebab itulah, harga bunga caladium jenis bicolor ini tidak semahal jenis bunga keladi sebelumnya. Harga tanaman keladi hias bicolor ini umum di bandrol dengan harga Rp. 30.000-70.000.

Jika Anda ingin mengkoleksi dan belajar membudidayakan tanaman hias keladi, mungkin jenis bunga keladi bicolor bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Mengingat beberapa jenis tanaman keladi memiliki karakteristik dan cara perawatan yang sama.

5. Harga Bunga Keladi Amazon

Bunga keladi amazon ini memiliki tampilan yang hampir mirip dengan jenis bunga keladi tengkorak hitam. Meski begitu, harga keladi amazon ini terbilang lebih murah dan terjangkau dibandingkan dengan jenis keladi tengkorak hitam. Harga bunga keladi amazon biasa di bandrol dengan kisaran harga Rp.60.000-Rp.100.000. Harga ini bergantung dengan tempat dan lokasi penjualan, serta ukuran tanaman yang dijual.                       

6. Tempat Penjualan Tanaman Hias Keladi

a. Penjual Tanaman Hias

Penjual tanaman hias ini adalah salah satu tempat yang paling umum dijumpai di beberapa kota. Biasanya, penjual tanaman hias ini memiliki tempat berdagang dipinggir jalan.

Tempatnya yang strategis, menjadikan penjual tanaman hias di pinggir jalan ini sering didatangi oleh para pencinta tanaman hias. Pedagangnya juga umumnya tidak hanya satu orang, melainkan ada beberapa pedagang disekitarnya, sehingga menjadikan pelanggan bebas memilih pedagang tanaman hias yang diminatinya.

Meski cukup diminati, penjual tanaman hias pinggir jalan ini memiliki beberapa kekurangan, seperti jumlahnya yang terbatas, dan sulit dijangkau oleh orang-orang yang berada jauh dari lokasi. Sehingga para pembelinya, umumnya berasal dari daerah sekitar lokasi penjualan saja.

b. Penjualan Secara Online

Bukan hanya barang-barang mati saja yang bisa diperdagangkan secara online. Saat ini, penjualan barang secara online juga bisa meliputi tanaman, ternak atau hewan peliharaan. Salah satu barang yang bisa Anda coba cari adalah penjual tanaman keladi. Ya, tanaman kini juga dapat diperdagangkan secara online.

Salah satu tempat paling recommended untuk Anda para pencari tanaman hias adalah Aplikasi GDM Agri. Ya, aplikasi Aplikasi GDM Agri adalah aplikasi khusus jual-beli online yang menjual produk-produk agribisnis secara langsung dari pembudidaya/petani.

Dengan menggunakan Aplikasi GDM Agri, Anda bisa mencari pembudidaya tanaman keladi hias di berbagai wilayah di Indonesia dengan mudah dan hemat. Tentu saja, Anda tidak perlu berkeliling mencari penjual tanaman keladi hias.

Hanya dengan menginstal Aplikasi GDM Agri, Anda bisa mencari penjual bunga keladi berbagai jenis dan dari berbagai wilayah. Anda juga bisa memilih penjual bunga keladi yang berlokasi disekitar Anda. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pertemuan langusng dengan penjual, atau bahkan mengirimkan bunga keladi kerumah Anda, saat itu juga.

Mudah, murah, praktis dan terpercaya! Itu adalah semua hal yang Anda butuhkan dalam mencari tanaman keladi hias. Ayo coba dan buktikan sendiri kemudahannya sekarang hanya dengan menginstall Aplikasi GDM Agri. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel